IMK : Nicon Universcale

Saatnya mengisi kembali blog ini dengan tinta-tinta pixel. ^_^
Untuk kali ini saya akan menggunakan bahasa Indonesia saja.

Sebenarnya isi blog ini saya buat selain untuk me-review suatu tampilan web/aplikasi, juga sambil belajar tentang Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Secara kebetulan tugas yang diberikan juga tidak jauh dari melakukan review terhadap sebuah web/aplikasi

"From the nanoworld to the universe
— The worlds we measure using our infinite yardstick."
http://www.nikon.com/about/feelnikon/universcale/index_f.htm


Saya menemukan sebuah aplikasi web unik yang berbasis flash, Aplikasi ini bertajuk "Nicon Universcale" . Menurut web yang saya baca, inti dari aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kemudahan dalam meihat berbagai bentuk dalam skala aslinya. Sebagaimana tagline dari web ini

"From the nanoworld to the universe
— The worlds we measure using our infinite yardstick."


Setelah masuk web utama, maka akan ada tampilan seperti di bawah ini.



Tapi ini bukanlah inti dari review saya. Pilihan berikut akan membawa anda ke inti pembahasan kita



Silahkan anda bebas memilih antara full screen mode atau normal mode. Tunggu sebentar dan voila!!! sebuah tampilan animasi berbasis flash akan muncul di monitor anda dan ditambah dengan fitur suara musik.

Berikut ini mungkin tampilan awal yang disajikan





Tak lama setelah flash pembuka dijalankan, anda akan dibawa ke "DUNIA". Kenapa saya katakan "DUNIA" karena animasi ini benar-benar berisi tentang dunia. Seperti yang sudah saya jelaskan, animasi ini bertujuan untuk "sekedar" memberi tahu skala dan ukuran alam semesta ini.



Gambar di atas merupakan contoh screenshot dari tampilan aplikasi flash "Universcale".

Dari gambar itu dapat dilihat di dalam aplikasi ini menjelaskan tentang skala ukuran dan contoh contoh benda yang termasuk dalam skala ukuran tersebut. FYI, skala yang digunakan adalah :

Skala terkecil di dunia yang disebut Femtometer



Sampai skala tebesar antar galaksi yang biasa disebut "light-year" (tahun cahaya)



Bagi para pengguna yang ingin menikmati animasi ini tanpa melakukan clicking untuk memilih skala yang diinginkan tenang saja, aplikasi ini bukanlah aplikasi statis yang hanya membuat anda terbengong di depan layar dan membuat tangan anda pegal untuk melakukan "click" di setiap menunya (ups... maaf saya berlebihan). Dalam aplikasi ini, walupun anda tidak melakukan apapun, animasi akan tetap bergerak ke sisi sebelah kiri (ke skala yang lebih kecil) secara otomatis dengan kecepatan yang membuat mata pengguna merasa nyaman.

Satu kelemahan yang saya lihat dari aplikasi web ini, pengguna tidak bisa membalik animasi ke kanan, yang selalu terjadi adalah animasi akan selalu berjalan ke kiri. Kecuali anda melakukan pilihan di menu yang bawah (meng-klik pilihan skala di bawah)

Selain itu juga bagi pengguna yang ingin akses cepat ke skala yang diinginkan, maka tinggal memilihnya di menu yang ada di bawah dari animasi ini ^__^. Cukup mudah bukan?

Selamat mencoba
sumber : http://www.nikon.com/about/feelnikon/universcale/index.htm

n.b : *coba untuk mengklik objek objek yang sesuai skalanya dan yang ada di animasi ini ^,^b

** web ini sebenarnya merupakan salah satu aplikasi yang dicipatakan oleh Nikon yang bergerak di produk elektronik semacam pengolah digital imaging (kamera, scanner, binocular, dll)


3 comments to "IMK : Nicon Universcale"

  • tampilan awalnya terlalu dominan putih,tidak terlalu menarik.Setelah tampilan awalnya menarik,karena dengan adanya musik dan animasi bergerak akan tidak terjadi kebosanan pengunjung.Akan tetapi bila pengunjung belum terdapat aplikasi flashnya agak ribet jg,semuanya tidak akan terbaca.web ini sangat bermanfaat karena menjelaskan skala-skala dan ukuran alam semesta.

  • well, web ini menaik untuk sebuah web berbasis ilmu pengetahuan. Didesign dengan interface yang menarik dan cangggih, mengingatkan saya dengan efek-efek pada film-film holywood yang berbasis science.

    Informasi yang diberikan juga menambah wawasan user baik dengan pengetahuan tentang objek maupun penjelasan tentang satuan ukuaran yang tersedia.

    Dan latar musik yang tersedia juga membantu user untuk fokus menggunakan web tersebut.

    Sayangnya animasi di halaman depan tidak bisa di kontrol untuk di geser ke ke kiri, sewaktu - waktu ada gambar siluet yang ingin user liat. Akibatnya user harus meng-klik besar ukuran kembali.

  • yang pertama saya rasakan begitu masuk ke web ini, kenapa geser ke kiri terus ini gambar apaan ya *.*
    setelah mengklik skala yg ada,baru saya mengerti..
    keren,canggih,setuju sama elisabeth seperti dlm film science-fiction holywood. :D
    web ini juga bagus digunakan untuk sarana belajar, bisa menambah berbagai pengetahuan bagi user

Post a Comment

Category

There is HIMALKOM

There is HIMALKOM
go to

Followers

Web hosting for webmasters