Analisis Top 10 Kesalahan Dalam Interaksi Web

a. Bad Search

Sumber web : http://www.indosat.com

Analisis:

Pada mesin pencarian di web ini ada beberapa hal yang sepertinya belum sesuai dengan keinginan pengguna, di antaranya :

Ø Tampilan serach box di halaman utama web ini sudah baik dan sudah menandakan bahwa itu untuk fungsi pencarian dengan diperjelas oleh kata-kata “Search Text Here” dan adanya icon kaca pembesar. Tapi, setelah ada mengetikan kata-kata dan mecoba untuk meng-klik icon kaca pembesar itu, yang didapat malah bukan hasil pencarian. Ternyata icon kaca pembesar itu hanya gambar yang unclickable dan pengguna diharuskan untuk tetap menekan enter. Namun setelah masuk tampilan hasil searching baru bisa berguna.

Ø Jika ternyata kita melakukan kesalahan dalam input sebuah keyword (typo), maka sistem tidak membantu dan memberi saran keyword yang dimaksud. (seperti yang dilakukan Google).

Ø Sistem di sini juga tidak memunculkan dan membantu pengguna dalam menemuka query yang dimaksud, misalnya bila kita mengetikan 1 atau 2 huruf maka di bawah box akan muncul beberapa saran keyword yang ingin digunakan.

(jika pengguna mengalami typo sistem tidak membantu membenarkan.)

Ø Jika ada pengguna yang iseng langsung melakukan click kosong atau memang sistem tidak dapat menemukan keyword yang diinginkan web akan memberikan interaksi yang sama yaitu halaman yang kosong di bawah search box. Seharusnya minimal memberi tahu pengguna untuk memasukan input, memberi sugesti kata yang dimaksud, atau malah memberi tahu bahwa keyword yang dimasukan tidak sesuai dengan artikel manapun.

(tampilan bila keyword tidak masuk artikel manapun)


b. PDF Files for Online Reading

Sumber web : http://ilmukomputer.org (hampir semua artikel)

http://www.scribd.com

Analisis:

Web ilmukomputer.org ini menyajikan banyak artikel yang ditulis oleh member-nya, namun setelah anda masuk ke salah satu artikel ada beberapa (hampir semua) artikel yang “memaksa” pengguna untuk membaca artikel dalam format . pdf dan mengunduhnya bukan dalam konteks web.

(contoh artikel, artikel yang ditulis hanya sebagian dan di bawahnya merupakan “versi lengkap” dari artikel)

Sedangkan pada kasus scribd.com memang menyajikan bacaan yang berupa .pdf namun ada pilihan untuk diunduh atau dibaca di tempat (dalam konteks web) namun walaupun dibaca di tempat, format .pdf ini masih menyisakan kesan ke pengguna bahwa ia sedang membaca dokumen yang biasanya dijadikan hardcopy.


c. Not Changing the Color of Visited Links

Sumber web : http://www.kabarsantai.info/

Analisis:

Web ini berisi banyak artikel dan karena banyak artikel ada baiknya menandakan artikel mana saja yang sudah dikunjungi. Namun web ini tidak mengubah warna link dari web yang sudah dikunjungi. Hal ini menyulitkan pegguna dan “memaksa” pengguna untuk mengingat artikel mana saja yang sudah dibuka.


d. Non-Scannable Text

Sumber web : http://www.gamefaqs.com/ds/989552-pokemon-black-version/faqs/62850

(dan hampir di semua bagian walkthrough)

Analisis:

Web ini menyajikan walkthrough untuk banyak game. Namun sayangnya walkthrough yang diberikan hanya berupa full-text tanpa gambar dan tanpa perbedaan bentuk/ukuran tulisan. Ini akan membuat pengguna merasa bosan membaca bahkan lebih buruk lagi pengguna yang membaca walkthrough bisa merasa tidak memiliki petunjuk untuk menyelesaikan games tanpa bantuan gambar.


e. Fixed Font Size

Sumber web : http://www.ownyourc.com/#/home

Analisis:

Sebenarnya situs ini menggunakan CSS yang baik, namun kelemahannya adalah pada tampilan font yang tidak bisa diubah. Ekspektasi awal saya terhadap web ini adalah dapat melakukan zoom untuk menutupi kelemahan pada font yang tidak bisa diubah, namun kenyataannya tidak bisa.


f. Page Titles With Low Search Engine Visibility

Sumber web : http://www.5safepoints.com/

Analisis:

Salah satu web yang saya kurang mengetahui konten dari web-nya. Yang pasti ketika masuk ke menu utama memang belum ada kejanggalan, tetapi setelah kita arahkan kursor ke page title yang ada di browser yang kita dapatkan adalah serangkaian kata panjang tanpa jelas asalnya, kita juga tidak akan mengetahui informasi apa atau company mana yang “mendiami” beranda situs ini.

Ada baiknya web ini menampilkan nama company di dalam judul halaman.


g. Anything That Looks Like an Advertisement

Sumber web : http://www.lingscars.com/

Analisis :

Terlalu banyak hal penting yang akhirnya tertimbun dengan iklan-iklan dan animasi-animasi tulisan yang berkelap-kelip menjadikan pengguna kesulitan dalam menangkap inti dari web ini.

Hampir di semua bagian web ini menggunakan animasi yang seperti meng-iklan-kan sesuatu sehingga menutupi fungsi web sesungguhnya (sebagai rental mobil). Pengguna akan kesulitan memfokuskan perhatian ke isi web ini, dikarenakan terlalu banyak pencampuran iklan dan isi web yang tidak tertata


h. Violating Design Conventions

Sumber web : http://www.dokimos.org/ajff/

Analisis :

Maaf sebelumnya, tanpa maksud menyinggung SARA dari konten di web ini. Bisa dibilang dan sudah dapat dilihat dari tampilan awal web ini, kita sudah disajikan sebuah tampilan yang “wah” untuk mata kita. Selain itu jika pengguna memilih salah satu menu dan “terlempar” ke halaman lain, maka pengguna akan mendapatkan design background yang berbeda-beda. Contohnya, dari halaman utama yang “pelangi” menuju halaman home yang lebih soft. Selain cukup mengganggu penglihatan, web ini juga tidak memiliki kekonsistenan dalam background setiap menu.


i. Opening New Browser Windows

Sumber web : http://msy.com.au/

Analisis:

Walaupun saya kurang mengetahui konten dari web ini, tapi yang saya ketahui hampir semua link di web ini memiliki “fitur” membuka tab/browser baru untuk berpindah dan ini cukup mengganggu selain dari desain web yang lumayan aneh.

Ini akan mengganggu pengguna karena dengan adanya “fitur” ini, seakan pengguna dipaksa meninggalkan fitur back yang sudah disediakan browser.


j. Not Answering Users' Questions

Sumber web : http://www.etsy.com/color.php

Analisis:

Web ini memang memiliki ide yang menarik dan “out of the box” , tapi web ini menyajikan fitur yang bisa diibaratkan “membeli kucing dalam karung”. Web jual-beli ini menyajikan cara jual-beli via warna, sedangkan biasanya yang diinginkan oleh konsumen adalah langsung dalam bentuk barang. Kelemahan dari fitur ini adalah walaupun warna yang kita inginkan ada, tapi belum tentu dalam bentuk barang yang kita inginkan. Jadi web ini belum bisa menjawab permasalahan kebutuhan barang yang diinginkan



best regard...

G64090063


0 comments to "Analisis Top 10 Kesalahan Dalam Interaksi Web"

Post a Comment

Category

There is HIMALKOM

There is HIMALKOM
go to

Followers

Web hosting for webmasters